Klub Sepak Bola Terkaya

6 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Beserta Jumlah Kekayaannya

Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Beserta Jumlah Kekayaannya – Klub merupakan suatu tempat untuk menaungi beberapa pemain berbakat dari berbagai negara. Selain itu, klub juga dapat dijadikan sebagai sumber pemasukan bagi pemiliknya. Buktinya saja, ada beberapa klub sepak bola terkaya di dunia dengan total kekayaan lebih dari Rp10 triliun. Ingin tahu siapa saja? Simak penjelasannya sampai tuntas, ya!

Baca Juga : 13 Tips Traveling Murah Berikut Ini, Dijamin Murah !

Dari Mana Klub Sepak Bola Mendapat Penghasilan?

Untuk mendapatkan posisi dalam daftar klub sepak bola terkaya di dunia, tentu saja suatu klub sepak bola harus memiliki banyak pemasukan. Lantas, dari mana saja penghasilan klub sepak bola itu? Pada dasarnya, setiap klub sepak bola bisa mendapatkan penghasilan dari 5 hal.

Pertama, klub sepak bola bisa mendapatkan penghasilan dari hak siar. Penghasilan yang satu ini merupakan pemasukan terbesar yang dimiliki klub sepak bola ternama. Bahkan, hak siar dapat mendominasi 50% dari total pemasukan selama semusim. Hak siar sendiri merupakan uang yang diberikan kepada klub saat pertandingannya ditayangkan di televisi.

Selanjutnya, klub sepak bola juga bisa mendapatkan penghasilan dari tiket stadion. Penghasilan dari tiket stadion juga terbilang sangat lumayan. Pasalnya, hari pertandingan menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepak bola. Meskipun tiket dibanderol dengan harga yang mahal, tapi para penggemar tetap rela membayar untuk menonton klub favoritnya.

Secara umum, kompetisi sepak bola pasti menyediakan hadiah berupa uang bagi tim yang imbang atau menang. Hanya sekedar tampil di suatu liga besar saja sudah mendatangkan pemasukan bagi klub. Kendati demikian, klub yang menang atau imbang akan mendapatkan pemasukan tambahan lewat hadiah uang.

Selain itu, klub sepak bola juga bisa mendapatkan penghasilan lewat merchandise. Meskipun pemasukan dari merchandise tidak sebesar yang lain, tapi ada beberapa klub yang pandai berbisnis dan mampu memanfaatkan peluang pasar. Sebagai contoh, Barcelona mampu mendapat pemasukan sebesar Rp6,6 triliun dari merchandise selama semusim.

Penggemar sepak bola pasti sudah tak asing lagi dengan istilah transfer pemain. Transfer pemain merupakan istilah yang digunakan untuk membeli pemain dari suatu klub dengan harga tertentu. Meskipun tidak bisa terlalu diandalkan, tapi hal ini juga bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan.

Daftar Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Versi DFML

Meskipun ada banyak sekali sumber pemasukan klub sepak bola, tapi tidak semua klub mampu memanfaatkannya dengan baik. Jika suatu klub mampu memanfaatkan segala peluang yang ada, bukan hal yang mustahil untuk meraup keuntungan hingga triliunan rupiah setiap musimnya. Berikut ini adalah daftar klub sepak bola terkaya di dunia versi DFML:

1. Barcelona

Klub Sepak Bola Terkaya

Pada urutan pertama, ada klub Barcelona dengan total kekayaan sebesar €840,8 juta atau sekitar Rp14,5 triliun. Menurut data dari DFML, angka ini menunjukkan bahwa pendapatan Barcelona meningkat 10% dari musim sebelumnya. Perlu diketahui, ini kali pertama Barcelona menduduki peringkat pertama dalam daftar klub sepak bola terkaya di dunia.

Kendati demikian, beberapa pengamat bola memprediksi hal ini tidak akan berlangsung lama. Sebab, kini Barcelona tengah dirundung rumor dan berbagai permasalahan. Meskipun menjadi klub terkaya pada musim 2019/2020, tapi performa Barcelona pada musim ini sangat menurun.

Selain itu, penggemar juga tengah heboh lantaran isu Lionel Messi yang akan hengkang dari Barcelona. Bila Messi benar-benar hengkang, maka nasib Barcelona akan sama dengan Real Madrid yang ditinggalkan Ronaldo.

2. Real Madrid

Klub Sepak Bola Terkaya

Bertahun-tahun menduduki posisi tertinggi, Real Madrid akhirnya turun satu tempat ke urutan kedua sejak kepergian Ronaldo ke Juventus. Pada musim 2019/2020, Real Madrid mengantongi pendapatan sebesar €757,3 juta atau setara dengan Rp13,1 triliun.

Selain kepergian Ronaldo, turunnya pendapatan Madrid juga disebabkan karena performa yang kurang bagus. Namun, Real Madrid tetap berhasil masuk dalam daftar klub terkaya di dunia dari bisnis yang lain. Musim ini, Madrid diketahui memperpanjang kontraknya dengan brand ternama, Adidas.

3. Manchester United

Klub Sepak Bola Terkaya

Di posisi ketiga, ada klub Manchester United dengan total kekayaan sebesar €711,5 atau setara dengan Rp12,3 triliun. Pada musim 2019/2020, klub Manchester United memang tidak berhasil menyabet gelar juara apapun. Kendati demikian, penghasilan yang didapatkan MU pada musim ini tetap luar biasa.

Terlihat susah payah di lapangan tak membuat bisnis dari klub dengan julukan The Red Devils ini ikut menurun. Bahkan, bisnis yang dijalankan MU terbilang sangat lancar. Wakil CEO MU, Ed Woodward mungkin bukanlah orang yang hebat dalam sisi sepak bola. Akan tetapi, Woodward sangat pandai mengarahkan klub dari sisi bisnis.

Berkat kemampuan Woodward, MU berhasil meningkatkan pendapatan dan masuk dalam daftar klub terkaya di dunia. Kendati demikian, beberapa pengamat menyebut bahwa posisi MU bisa tergeser oleh Bayern Munich jika pada musim 2020/2021 MU tetap tidak meraih gelar apapun.

4. Bayern Munich

Klub Sepak Bola Terkaya

Selanjutnya, ada klub ternama, Bayern Munich. Klub asal Jerman ini dikabarkan memiliki total kekayaan hingga €660,1 juta atau sekitar Rp11,4 triliun. Pada musim 2019/2020, Bayern Munich berhasil mendapatkan treble winners. Berkat hal itu, Bayern menjadi kecipratan dana yang sangat banyak.

Dalam berbagai kompetisi yang dimenangkan, Bayern mendapat hadiah-hadiah yang membantu keuangan tim. Sebenarnya, posisi Bayern dalam daftar tim terkaya di dunia tidak beranjak sejak tahun lalu. Pada musim sebelumnya, Bayern juga menempati posisi keempat dalam daftar ini. Kendati demikian, pendapatan Bayer mengalami peningkatan sekitar 20% musim ini.

5. Paris Saint-Germain

Klub Sepak Bola Terkaya

Di peringkat kelima, ada klub Paris Saint-Germain yang merupakan juara Liga Prancis musim 2019/2020. Tidak hanya unggul dalam prestasi, ternyata PSG juga sangat luar biasa dalam hal keuangan. Diketahui, PSG memiliki total kekayaan sebesar €635,9 juta atau setara dengan Rp11 triliun.

Sejak Qatar Sports Investments mengambil alih, keuangan PSG menjadi lebih baik. Pasalnya, suntikan dana dari Qatar Sports Investments berhasil mendatangkan Neymar Jr. dan Kylian Mbappe ke PSG. Pada musim lalu, PSG juga dikabarkan menandatangani 5 kesepakatan kerja dan memperpanjang kontrak dengan 6 merk global agar bisnisnya tetap berjalan dengan lancar.

6. Manchester City

Klub Sepak Bola Terkaya

Terakhir, ada klub Manchester City. Diketahui, klub Manchester City sudah diakuisisi oleh CEO Mubadala Development Company, Khaldoon Al Mubarak. Sejak itu, Manchester City berhasil masuk dalam daftar klub sepak bola terkaya di dunia. Bagaimana tidak? Manchester City rela menghabiskan banyak dana untuk transfer pemain.

Saking seringnya, dalam sepuluh tahun terakhir, Manchester City menjadi klub yang paling dominan dalam melakukan transfer pemain. Tak hanya mampu menggaet banyak pesepakbola terbaik di dunia, Manchester City juga dapat mempekerjakan pelatih profesional, Pep Guardiola. Guardiola sendiri masuk dalam daftar pelatih terbaik di dunia.

Meskipun belum pernah membawa pulang piala Liga Champions, tapi Manchester City tetap menjadi klub dengan total kekayaan yang tinggi. Kini, kekayaan Manchester City mencapai  €610.6 juta atau setara dengan Rp10,6 triliun.

Jika Kalian ingin 4 Tips Memilih Bengkel Mobil Mercedes Benz Kalian kalian bisa membaca artikel ini https://51ststatetavern.com/tips-memilih-bengkel-mobil-mercedes-benz-kalian/ .

Itulah beberapa klub sepak bola terkaya beserta total harta kekayaannya. Dapat dilihat, klub-klub yang masuk dalam daftar tersebut adalah klub ternama Eropa yang populer di kalangan penggemar sepak bola. Selain meningkatkan performa saat bermain di lapangan, menjalankan bisnis dan mendapatkan hati penggemar juga tak kalah penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *