cara membayar pajak motor

4 Cara Membayar Pajak Motor agar Tidak Terkena Denda

Ternyata tidak semua pengguna kendaraan bermotor tahu bagaimana cara membayar pajak motor dengan benar. Bahkan beberapa diantara dari mereka justru lebih suka memilih untuk menyuruh orang lain untuk membayarnya ke kantor samsat. Padahal sebenarnya prosedurnya itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Baca Juga : 4 Rincian Biaya Balik Nama Pajak Motor dan Prosedurnya

Menariknya lagi adalah bila dulunya semua prosedurnya hanya bisa dilakukan secara offline di gerai samsat langsung. Namun sekarang ini semuanya lebih dipermudah lagi oleh masing-masing pemerintah daerah. Bahkan banyak juga pengguna motor bisa memanfaatkan marketplace, minimarket, mbanking, dll untuk pembayaran pajak kendaraan dengan mudah bebas antre.

Jadi ada banyak metode untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor sesuai prosedur. Sehingga diharapkan Anda tidak sampai terkena denda hanya karena telat bayar pajak. Maka dari itu bila selama ini Anda mungkin selalu bergantung pada orang lain, saatnya berubah dan mulai mengurusnya sendiri.

Berikut adalah 4 Cara Membayar Pajak Motor agar Tidak Terkena Denda :

Cara Membayar Pajak Motor Tahunan secara Online

cara membayar pajak motor

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa sekarang ini segalanya semakin mudah berkat kecanggihan teknologi. Menariknya lagi adalah teknologinya tersebut mulai dimanfaatkan dalam dunia perpajakan kendaraan. Sehingga hal ini sangat membantu para pemilik kendaraan roda dua sampai kelas berat untuk membayar pajak tepat waktu.

Karena mereka tidak perlu lagi mengunjungi Samsat yang merepotkan, karena semua layanan dan proses pembayarannya bisa langsung dilakukan menggunakan internet. Transaksi elektronik seperti ini sekarang mulai dikembangkan oleh beberapa pemerintah pusat. Dimana mereka mulai menyiapkan sistem khusus untuk memudahkan pengguna kendaraan.

Jadi sekarang ini cara membayar pajak motor tahunan tidak perlu melewati antrean panjang sampai berjam-jam. Disamping itu, Anda juga tidak perlu membayar calo dengan harga tinggi dan justru sangat boros sekali. Karena semuanya bisa dikerjakan sendiri tanpa harus kehabisan banyak waktu untuk ke kantornya langsung.

Menariknya lagi adalah peningkatan layanan ini semakin dikembangkan dan ditingkatkan oleh Dispenda secara khusus lewat inovasi terbarunya. Jadi sekarang ini pembayaran STNK bisa dilakukan melalui apa saja, termasuk ATM. Hanya saja program tersebut masih terbatas dan belum semua provinsi menyediakan layanan ini.

Untuk cara melakukannya sangat mudah, Anda bisa membuka situs resmi Samsat atau download saja aplikasi resminya di playstore. Setelah itu silahkan sesuaikan domisili Anda dan isi semua data formulir yang dibutuhkan sesuai dengan informasi kendaraannya. Jangan lupa kode pembayarannya dicatat.

Sehingga Anda bisa melakukan pembayaran ke bank lewat mBanking dan internet banking. Bila sudah, simpan struknya dan bawa dokumen itu ke kantor samsat. Nah sekarang Anda sudah mendapatkan STNK yang telah diperpanjang dengan mudah. Hanya saja untuk prosedur pengesahannya sebaiknya dilakukan sebelum 30 hari kerja.

Cara Membayar Pajak Motor via ATM

cara membayar pajak motor

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana caranya membayar pajak motor menggunakan sistem online, maka sekarang saatnya untuk mencoba cara yang lain. Sehingga cocok sekali untuk seseorang tanpa dilengkapi dengan fasilitas mBanking atau internet banking pada layanan perbankannya, maka bisa mencobanya. Yaitu melakukan perpajakan lewat ATM.

Cara ini juga terbukti lebih sederhana karena Anda tidak perlu mengunjungi kantornya langsung. Jadi pembayaran pajak seperti transfer uang. Sehingga sangat praktis dan seharusnya dengan segala kemudahannya tersebut membuat orang-orang tidak melakukan telat bayar pajak lagi. Lalu bagaimana prosesnya?

Untuk cara membayar pajak motor lewat ATM ini pastikan Anda tahu nomor rekening Samsat dan NPOL Anda belum diblokir. Selain itu, car aini hanya bisa digunakan untuk pembayaran tahunan saja, bukan ganti plat nomor. Menariknya lagi adalah Anda bisa membayarnya sebelum jatuh tempo jauh-jauh hari.

Disamping itu, cara ini juga hanya bisa digunakan untuk membayar kendaraan pribadi, bukan milik kantor. Jadi untuk perusahaan ada caranya sendiri. Kemudian untuk prosesnya, setelah memasukkan kartu ATM dan pinnya, pilih menu pembayaran yang tersedia dan e-samsat.

Dari sini Anda tinggal mengisi nomor polisi kendaraannya saja dan lakukan pengecekan datanya. Bila sudah berhasil, silahkan lakukan pembayaran langsung berdasarkan informasi yang disebutkan di layar ATM tersebut. Supaya berhasil, pastikan saldo Anda cukup. Kemudian simpan resinya dan tukarkan ke samsat terdekat.

Cara Membayar Pajak Motor Setiap 5 Tahun Sekali

cara membayar pajak motor

Bila cara sebelumnya hanya berlaku untuk perpajakan yang dibayar setiap tahun saja, maka proses ini berbeda sekali. Karena prosedurnya harus dilakukan di kantornya langsung, tidak bisa menggunakan layanan internet. Itu saja Anda wajib membawa kendaraannya juga karena harus dilakukan cek fisik langsung.

Lalu bagaimana bila masih dalam pandemi corona? Karena tentunya mengurus hal-hal seperti ini tidak bisa jauh dari yang namanya keramaian. Maka dari itu supaya tidak terlalu bergerombol dengan yang lain, siapkan dulu persyaratannya. Yaitu beberapa dokumen penting yang berkaitan dengan kendaraan Anda serta kendaraannya juga.

Karena kendaraannya nanti harus dicek fisik juga. Sementara itu bila ingin tahu bagaimana cara membayar pajak motor setiap 5 tahun ini dilakukan dengan cara ke kantor induk dan cek fisik motor Anda. Bila sudah bayar administrasi yang dibutuhkan di loket. Segera lunasi semuanya bila mungkin masih ada denda terlambat.

Kemudian bayar pajaknya dan simpan bukti pembayarannya untuk mengambil plat nomor baru dan STNK sekalian. Yang pasti jangan lupa tetap perhatikan protokol kesehatannya. Jangan sampai lengah karena virus COVID-19 ini cepat menular dan itu bisa langsung ditularkan lewat udara.

Sehingga setiap orang harus berhati-hati dalam menjaga kondisi tubuhnya supaya tidak sampai tertular. Yang pasti jangan lupa pakai masker yang berkualitas saat melakukan pembayaran ke kantor langsung. Jangan lupa jaga jarak dan selalu cuci tangan yang bersih pakai sabun atau hand sanitizer.

Cara Membayar Pajak Motor Bisa Diwakilkan

cara membayar pajak motor

Seperti yang disampaikan sebelumnya, umumnya beberapa orang lebih suka melakukan pembayarannya kepada orang lain, termasuk ketika membayar pajak motor. Sehingga mereka tinggal terima jadi saja tanpa harus mengunjungi ke kantor samsatnya langsung. Yang pasti siapkan persyaratannya lengkap supaya bisa diwakilkan.

Yaitu harus ada KTP, BPKB, dan STNK. Ketiganya harus asli dan ada fotokopinya juga. kemudian siapkan surat kuasa juga, itu harus ada tanda tangan dari pemiliknya dan lengkap beserta materainya. Namun bila pemiliknya sudah almarhum, maka bisa disiapkan surat kematiannya juga.

Jadi KTP penerima kuasa dan fotokopinya diperlukan disini. Selanjutnya pihak yang bersangkutan bisa melakukan pembayaran perpajakan motor melalui kantor Samsat pusat, mobil kelilingnya, gerainya langsung, atau bahkan lewat aplikasi resminya juga. Jadi cara membayar pajak motor sangat sederhana.

Namun bila yang ingin dilakukan adalah pembayaran pajak 5 tahunan, maka yang diminta tolong harus ke kantor samsatnya langsung sesuai domisili objeknya. Selain itu persyaratannya juga harus dibawa. Sehingga tidak timbul masalah baru ketika membayarkan pajak kendaraan milik orang lain.

Jika Kalian mencari artikel tentang 5 Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia Terbaru 2021 kalian bisa membaca artikel ini https://51ststatetavern.com/daftar-mobil-listrik-murah-di-indonesia/ .

Meski membayar pajak orang lain itu merepotkan, namun ternyata ada cara untuk membuat beban pemilik motor lebih ringan. Caranya adalah langsung lakukan balik nama motor setelah pembelian kendaraan bekas tersebut. Ini penting sekali supaya Anda tahu bagaimana cara membayar pajak motor lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *