Motif Batik Daerah

11 Motif Batik Daerah di Indonesia

11 Motif Batik Daerah di Indonesia – Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa provinsi menjadi salah satu Negara yang kaya akan budaya dan ciri khasnya. Batik adalah salah satu kain khas dari Indonesia yang mempunyai beragam motif batik yang khas dari setiap daerahnya masing-masing. Batik merupakan seni lukis menggunakan kain dimana dunia telah mengakui akan keindahannya. Motif batik yang dimiliki tidak hanya satu jenis saja, akan tetapi banyak jenis yang berdasarkan setiap daerahnya.Batik ini pada zaman dahulu sering digunakan sebagai penentu status sosial yang dimiliki. Setiap daerah pada umumnya mempunyai batik dengan warna dan juga bentuk yang berbeda-beda, tidak hanya itu motif batik tersebut memiliki arti atau filosofi tertentu.

( Baca Juga : Cara Cek Bansos )

Berikut motif batik daerah Indonesia :

1.Batik Parang Kusumo – Solo

Motif Batik Daerah

Indonesia mengenal kota Solo dengan daerahnya yang kaya dengan macam-macam batik yang dimilikinya yang tidak hanya mempunyai satu macam motif saja, melainkan mempunyai berbagai macam motif batik yang indah.Batik yang cukup terkenal dari Solo adalah parang kusumo dengan motifnya yang mirip dengan gulungan ombak yang menghantam tebing dan karang. Motif parang kusumo ini mempunyai filosofi bahwa hidup itu untuk mencapai kemakmuran lahir dan batin harus dengan perjuangan dan usaha dengan tidak melupakan nilai kebudayaan Jawa.

2.Batik Kawung – Yogyakarta

Motif Batik Daerah

Batik kawung ini merupakan salah satu batik yang paling tua di Indonesia. Batik ini mempunyai ciri yang unik yaitu pola bulatan yang membentuknya menyerupai buah kawung atau kebanyakan orang menyebutnya dengan buah kolang-kaling dengan tatanan yang rapi dan indah.Batik ini pada zaman dahulu hanya boleh dikenakan oleh raja dan permaisuri, namun sekarang seiring dengan perkembangan zaman batik kawung ini dapat dipakai oleh semua orang.

3.Batik Mega Mendung – Cirebon

Motif Batik Daerah

Saat Anda sedang berada di Indonesia Anda akan menemukan berbagai jenis motif batik daerah salah satunya batik yang cukup terkenal adalah batik mega mendung yang berasal dari Cirebon. Motif batik ini menjadi batik yang banyak disukai karena mempunyai motif yang elegan dengan motif seperti gumpalan awan di langit.Gumpalan awan itu akan semakin indah dengan menggunakan gradasi dari tujuh warna yang seolah tercipta suasana yang mendung. Batik mega mendung ini mempunyai arti khusus yaitu mega yang mempunyai arti langit dan mendung yang berarti langit yang mulai gelap pertanda akan turun hujan, sehingga motif batik mega mendung ini identik dengan bentuk awannya.Warna yang sering digunakan untuk motif batik mega mendung ini adalah menggunakan warna-warna yang mencolok dan cerah seperti warna merah tua, biru ungu. Batik mega mendung ini mempunyai filosofi yang baik dimana kita harus dapat mengendalikan amarah dalam keadaan apapun juga.

4.Batik Parang Rusak – Solo

Motif Batik Daerah

 

Motif batik daerah selanjutnya yang dapat Anda temui adalah motif parang rusak dimana motif batik ini sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Batik ini juga menjadi salah satu batik yang difavoritkan oleh semua orang dengan bentuknya yang khas.Dengan menyerupai huruf s yang disusun rapi, motif batik ini mempunyai arti yang mendalam yaitu peperangan antara manusia dengan melawan nafsu dan sifat buruk pada masa selama hidupnya.Sama halnya dengan motif batik kawung, motif batik parang rusak juga pada zaman dahulu hanya boleh digunakan oleh raja dan keturunannya, namun kini motif batik ini sudah banyak dipakai oleh semua orang.

5.Batik Sekar Jagad – Yogyakarta

Motif Batik Daerah

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang mempunyai motif batik yang elegan, salah satu yang paling banyak dicari oleh para wisatawan adalah motif batik sekar jagad. Batik ini biasanya dapat digunakan untuk baju ataupun bawahan.Motif batik daerah sekar jagad sendiri mempunyai arti keindahan atau kecantikan yang dapat membuat orang terpesona saat melihatnya. Selain itu arti dari sekar jagad dalam bahasa jawa yaitu kar jagad yang berarti peta dunia, sehingga tidak heran motif batik sekar jagad ini seperti pulau-pulau yang tersusun dengan indah.

6.Batik Sidomukti – Solo

Motif Batik Daerah

Batik sidomukti merupakan batik yang menjadi ciri khas dari Solo, Magetan yang dilukis dengan menggunakan zat pewarna soga alam. Zat tersebut adalah pewarna alami berwarna coklat yang merupakan pewarna alami untuk melukis batik. Anda akan banyak menemukan motif batik ini digunakan untuk acara-acara resmi maupun upacara adat.Motif batik sidomukti ini mempunyai ciri yang khas dan dapat menarik perhatian semua orang dengan motif dasar gambar bambu. Filosofi dari batik sidomukti ini adalah sido yang berarti jadi dan mukti artinya mulia dan sejahtera, sehingga filosofinya adalah nilai kemuliaan dan kesejahteraan yang diperuntukan untuk keraton.

7.Batik Tujuh Rupa – Pekalongan

Motif Batik Daerah

Tidak hanya kota Solo yang dikenal sebagai pengrajin batik, Pekalongan juga termasuk salah satu kota pengrajin batik. Namun batik pekalongan ini sedikit berbeda dari motif batik daerah lainnya dimana motif batik ini lebih banyak menggunakan motif dengan gambar hewan atau tumbuhan, atau yang berhubungan dengan nuansa alam. Batik ini mempunyai filosofi yaitu ikatan kebudayaan leluhur dimana Pekalongan pada saat itu merupakan wilayah untuk transit perdagangan.

8.Batik Lasem – Rembang

Motif Batik Daerah

Batik ini agak mirip dengan batik pekalongan yang mendapatkan pengaruh dari kebudayaan luar, dimana daerah Lasem merupakan daerah yang pertama kali menerima orang dari Tionghoa yang warna batiknya didominasi dengan warna merah. Filosofi dari batik ini adalah persatuan antara warga tionghoa dan masyarakat setempat.

9.Batik Tasik – Tasik

Motif Batik Daerah

Selain daerah Jawa, tanah Sunda juga menghasilkan atik yang tidak kalah elegannya salah satunya adalah batik tasik. Batik tasik ini mempunyai bentuk rerumputan, fauna dan segala hal yang berhubungan dengan alam.Warna yang digunakan untuk batik ini biasa menggunakan warna merah, coklat dan biru dengan paduan warna yang pas akan membuat Anda tertarik untuk memilikinya.

10.Batik Sidoluhur – Solo

Motif Batik Daerah

Motif batik daerah sidoluhur mempunyai motif yang cantik dan elegan dengan motif bunganya. Batik ini diperuntukan untuk prosesi pernikahan karena digunakan oleh pengantin wanita saat malam pengantin.Dalam bahasa Jawa batik sidoluhur ini mempunyai arti sdo artinya jadi, sedangkan luhur artinya tinggi, sehingga batik ini mempunyai arti agar pemakai dari batik ini mempunyai kesehatan jasmani dan rohani dan menjadi orang terhormat.

11.Batik Tambal – Yogyakarta

Motif Batik Daerah

Batik tambal ini adalah batik khas dari Yogyakarta yang mempunyai filosofi yang berfungsi untuk menambal kerusakan. Dengan memakai batik tambal sebagai selimut batik ini pada zaman dahulu dipercaya untuk membantu kesembuhan orang yang sakit.

Jika kalian mencari Rekomendasi Mobil Murah Terbaik kalian bisa mengunjungi https://51ststatetavern.com/rekomendasi-mobil-murah-terbaik/ .

Itu dia motif batik daerah dan filosofi yang dapat memberikan wawasan baru bagi Anda. Anda dapat memilih batik yang disukai untuk dipakai dalam acara apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *